ID EN
Blog

Bikin Rumah dengan Gaya Rumah Jepang, Begini Caranya!

06/04/2020


 Desain rumah di Jepang memang memiliki daya tarik tersendiri. Mungil, minimalis, dan terkesan bersih menjadi daya tarik tersendiri, sehingga banyak orang ingin mengadaptasinya.
                                            
Jika kamu tertarik untuk mengadaptasi desain rumah Jepang, ada beberapa poin esensial yang harus kamu terapkan. Berikut adalah beberapa tips dari kami.
 
1. Less is more
Anut prinsip less is more dalam mendesain rumah gaya Jepang, baik untuk desain eksterior maupun interiornya. Hindari memunculkan ornamen-ornamen yang tidak fungsional, terutama pada fasad bangunan. Kunci utamanya adalah sederhana.
 
2. Pilih material yang tepat
Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah pemilihan material. Usahakan jangan menggabungkan lebih dari tiga jenis material dalam satu rumah. Pilih juga material yang natural seperti kayu, beton ekspos, atau cat berwarna putih.
 
3. Hadirkan nuansa clean di dalam rumah
Selain kesan clean yang tercipta dari pemilihan material dan juga menghindari ornamen-ornamen yang tidak fungsional, pastikan juga penataan furniture dan perabot rumah tersusun dengan baik dan tidak mengganggu tampilan interiornya. Manfaatkan space-space yang ada sebagai tempat penyimpanan yang apik. Buat lemari-lemari untuk dapat mengakomodir perabotan sehingga rumah tampak bersih.
 
4. Terapkan konsep inside-outside
Rumah Jepang identik dengan kesan yang lapang dan cerah walaupun kebanyakan memiliki luasan yang mungil. Hal ini dapat dicapai dengan memberikan bukaan besar sehingga cahaya alami dapat masuk.
 
Selain empat poin di atas, yang terpenting dalam menciptakan rumah bergaya Jepang adalah memperhatikan penerapan kaidah-kaidah desain Jepang di iklim tropis Indonesia. Sehingga tidak hanya indah, rumah kamu juga tetap nyaman ditinggali, termasuk dalam hal perawatannya.

Kembali Blog