BBDO Office on INDESIGN Magazine

Published by INDESIGN Magazine issue 11, on November 2015 Edition

BBDO Indonesia Office

Bayangkan jika Anda bisa mendapat inspirasi hanya dari kursi kerja di kantor Anda. Menyenangkan bukan? Itulah yang BBDO inginkan untuk para karyawannya. BBDO sendiri merupakan agensi periklanan berskala global yang berbasis di New York, dan telah berdiri sejak tahun 1891. Kini BBDO memiliki lebih dari 15.000 karyawan di 289 kantor yang tersebar di 80 negara, termasuk Indonesia. BBDO Indonesia membuka kantor baru yang terletak di bilangan Kota Kasablanca, tepatnya di Office 88. Kantor seluas 850 meter persegi ini menggunakan konsep Contemporary Industrial. Adalah Delution Architect yang dipercaya merancang kantor se-kreatif mungkin agar mampu menginspirasi para karyawan..

Delution Architect buat desain yang unik dan eye catching, dengan filosofi desain kreatif yang diaplikasikan pada hampir setiap elemen desain interior kantor BBDO Indonesia. Mulai dari meja kerja, lantai, furnitur, lampu, pintu, elemen dinding, hingga konsep pencahayaan. Setiap area memiliki konsep pencahayaan yang berbeda dengan sentuhan putih yang hangat.

Di area lobi terdapat lampu besar terbuat dari besi yang diatur bergelombang, sehingga menarik perhatian orang yang memasuki area ini. Selain lampu tersebut, pengunjung juga akan disambut oleh meja resepsionis bertema Indonesia yang diselimuti bahan kulit bermotif batik. Hal ini menegaskan bahwa BBDO Indonesia juga memiliki karakter lokal, meski asalnya dari New York.

Setelah melewati area resepsionis, pengunjung akan menemukan communal space jang berisi kursikursi empuk berbentuk tangga. Di balik area ini terdapat ruang rapat utama yang tersembunyi di antara dekorasi kayu tiga warna. Sedangkan ruang pertemuan yang lebih kecil, menggunakan konsep kotak dengan ukuran yang berbeda. Ada pula ruangan khusus untuk para supervisi. Area ini menggunakan konsep kotak yang diaplikasikan dengan kayu parket dan kaca bening. Sehingga memberi kesan “a room inside a room” agar para pemimpin memiliki privasi ketika mengawasi bawahannya.

Setiap ruangan di kantor BBDO Indonesia memiliki pencahayaan yang berbeda-beda. Ruang rapat menggunakan konsep pencahayaan yang terintegrasi dengan dinding dan plafon ruangan. Ruang kerja menggunakan lampu utama berbentuk TL yang disusun menyerupai labirin. Area untuk creative director menggunakan bola lampu biasa yang disusun dalam ketinggian berbeda, secara filosofi, desain ini menggambarkan ide-ide kreatif dari para creative director.

Beberapa ruangan juga memiliki meja pertemuan kecil dengan konsep duduk di lantai mencontoh budaya Jepang. Konsep ini membuat para karyawan dapat berdiskusi tanpa perlu memakai ruang rapat. Setiap sudut ruangan memunyai media untuk melimpahkan segala ide kreatif yang dimiliki. Konsep ini didukung dengan kaca hitam dan papan blackboard. Kantor BBDO Indonesia benar-benar tidak akan membiarkan ide Anda terlewatkan begitu saja.

Farida Esti adalah writer Indesign Indonesia.

 

BBDO Indonesia
Arsitek
Delution Architect
Arsitek Prinsipal
Muhammad Egha
ST, Sunjaya Askaria ST
Hezby Ryandi ST
Fahmy Desrizal ST
Tim Arsitek
Naufal Ryandi
Sigit Widigdo
Kontraktor
CONCLUTION
(PT Desain Revolusi Indonesia )
Klien
PT BBDO Indonesia
Waktu Desain
Agustus – September 2014
Waktu Pembangunan
November 2014 – Januari 2015
Delution Architect
+62 21 368 685 53 | delution.co.id
Furnitur Secara umum, furnitur dibuat custom. Meja kantor dibuat custom oleh MISC Indonesia. Papan tulis oleh Delution Architect. Kursi dari Vivere. FINISHING Kaca dari ASAHI. Cat dinding oleh Vinilex. Pelapis dinding oleh Laminated Parquet dari Dreamwood. Pelapis lantai oleh Carpet Tile dari CNR. Ceiling dari Existing Exposed.