ID EN

The Troid

THE TROID (Triangle-Trapezoid) merupakan bentuk massa utama yang berasal dari permainan bentuk Sgitiga dan trapezium. Selain dari bentuk, Rumah ini juga memiliki Elemen Breathing House yang diterapkan untuk mengakomodir masuknya sirkulasi udara dan cahaya secara optimal masuk ke dalam ruangan sehingga menjadi rumah yang sehat. Konsep tersebut diterapkan melalui penciptaan bentuk massa bangunan yang mampu menyerap sinar matahari dari timur, bukaan-bukaan (ventilasi silang) dan juga menciptakan paru-paru pada rumah, yaitu inner courtyard.

Rumah yang sehat merupakan permintaan prioritas dari klien sehingga kami sebagai Arsitek mencoba bereksplorasi pada bentuk massa bangunan dengan menciptakan massa bangunan yang dibelah oleh bidang segitiga. Secara analogi belahan segitiga tersebut menyiratkan massa bangunan yang menangkap cahaya matahari timur dan masuknya udara secara optimal. Fungsi ruang bidang segitiganya dijadikan sebagai “paru-paru dari rumah ini” yang teraplikasikan dalam inner courtyard dan kolam ikan sebagai pendingin hawa alami. Pada bagian belakang rumah sendiri, terdapat taman dan ruang semi outdoor beratapkan skylight dan terdapat bukaan berupa jendela yang menjadi area meja bar dan tangga utama lantai 1 ke lantai 2. Berdasarkan penerapan beberapa konsep tersebut akan menciptakan ruangan di dalam rumah yang sehat dengan masuknya cahaya matahari dan udara sehingga ruang di dalamnya dapat bernafas secara optimal.

Dari sisi program ruang, rumah tinggal ini kami coba untuk mengakomodir seluruh isu dari klien. Pertama, rumah tinggal ini memiliki ruang pada bagian depan rumah yang difungsikan sebagai toko untuk berjualan aquascape. Ke-dua, ruang-ruang bersantai kami terapkan di beberapa bagian rumah, pada bagian depan terdapat teras yang menjadi ruang tamu juga ruang duduk-duduk, pada bagian dalam rumah terdapat segitiga inner courtyard yang dapat digunakan untuk bersantai sambal menikmati kolam ikan, pada bagian belakang terdapat area santai dengan meja bar beratapkan skylight dan juga terdapat area rooftop pada bagian depan lantai 2. Ke-tiga, terdapat ruang tidur tamu dengan konsep compact bed yang dapat berfungsi ganda sebagai tempat tidur dan juga sofa untuk duduk dengan view langsung kea rah courtyard. Ke-empat, area servis yang terdapat di lantai 3 rumah tinggal ini juga difungsikan sebagai area hidroponik.

Konsep fasad bangunan pada rumah tinggal ini menerapkan bentuk setengah atap pelana yang bertujuan untuk menampilkan kesan rumah tinggal yang lebih homey. Bukaan-bukaan pada fasad rumah tinggal ini pun di desain cukup besar sehingga mampu memasukkan sirkulasi udara dan cahaya matahari secara optimal.   

  • ARSITEK

    DELUTION

  • DESAIN ARSITEK

    Muhammad Egha,
    Hezby Ryandi,
    Fahmy Desrizal
    Bennedictus Donny M,
    Indira Pramundita,
    Nino Adhika P

  • TIM TEKNIS

    Defi Andri

  • FOTOGRAFER

    Fernando Gomulya

  • TIPE PROYEK

    Rumah Tinggal

  • LOKASI

    Pesanggrahan, Jakarta Selatan

  • PROVINSI

    DKI Jakarta

  • NEGARA

    Indonesia

  • LUAS AREA

    200 m2

  • LUAS BANGUNAN

    327 m2

  • PROYEK MULAI

    2018

  • FASE PROYEK

    Dalam Proses

Unduh Buku Panduan Proyek 360° Tur Back to Project